Pengenalan Microsoft Office Word 2007

Mungkin di SMP kita telah mempelajari office 2003, sekarang saya ingin memperkenalkan apa itu microsoft office Word 2007. Ms.Word 2007 merupakan versi lanjutan dari versi sebelumnya, dan hingga saat ini yang saya tahu dan yang saya gunakan adalah ms.word 2010. Memang tidak begitu banyak perubahan yang signifikan dari ms.word 2007 ke ms.word 2010. Tidak seperti perubahan dari ms.word 2003 ke 2007.

Terdapat beberapa fitur baru pada versi ini. Diantaranya adalah adanya fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan berbagai fasilitas lainnya. Mungkin bagi yang baru bermigrasi ke ms.word 2007, memang agak terasa asing karena terdapat perubahan tampilan windows, tetapi dengan sedikit penyesuaian maka selanjutnya anda akan merasakan kelebihan dari tampilan Microsoft Word 2007 ini. Oh iya perbedaan lain yang harus diperhatikan saar bermigrasi ke ms.word 2007 adalah ekstensi file yang nanti akan digunakan. Ms.Word 2007 akan menggunakan ekstensi file *.docx. Berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan ekstensi file *.doc. Hal ini dapat menjadi masalah apabila kita membuka file *.docx pada aplikasi microsoft office word di bawah versi 2007, misalnya saja 2003. Mau tidak mau solusi yang saya sarankan adalah dengan melakukan save as menjadi 'word 97-2003 document', maka ekstensi file yang dihasilkan adalah *.doc.

Nah, berikut saya jelaskan beberapa tools dan fitur pada lembar kerja ms.word 2007. Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan ms.word 2007 ini, karena caranya memang sama seperti versi sebelumnya yaitu melalui start menu atau pada shortcut. 
Pada windows Microsoft Word 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing–masing komponen berikut) :
- Office Button
- Quick Access Toolbar
- Title Bar
- Tabmenu Ribbon
- Ribbon
- Status Bar
- Horizontal Scroll Bar
- Vertical Scroll Bar
- Document Area
   

- Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft Word 2007
1. Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.



2. Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.



3. Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.


4. Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.




5. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil .


6. Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.



7. Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.


8. Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T, perhatikan ribbon menu yang tampil.


9. Untuk mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, perhatikan ribbon menu yang tampil.



Daftar Pustaka :
Buku Latihan Untuk SMA/MA PENGOLAH KATA: Microsoft Word 2007 Untuk Kelas X Semester 2
Copyright © 2008 Webmedia Training Center

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Articel