Apa itu File .ISO?!!

Mungkin bagi rekan-rekan yang jarang terlibat dalam proses burning CD khususnya file ISO yang biasa disebut juga file image, mungkin ekstensi *.ISO memang bisa membuat bingung.

Kali ini saya ingin membuka sedikit mata anda yang masih belum paham menngenai file ISO ini. File ini bukanlah sembarang file karena dirancang khusus penggunaannya untuk menyimpan segala informasi dari sebuah CD dan DVD. Informasi apa yang disimpan? Nah perbedaanya adalah
file ISO menyimpan informasi berupa semua data yang berada pada sebuah CD dan DVD serta bagaimana tata letak file tersebut di dalam CD/DVD. File ini biasanya banyak digunakan untuk mengkloning/duplikat CD/DVD. Masih bingung? Saya berikan contoh CD/DVD yang menggunakan file ISO, yakni CD Instalasi Sistem Operasi seperti windows. Perbedaannya saat melakukan burning adalah, apabila kita melakukan pembakaran seperti yang biasa dilakukan seperti penyimpanan data ke dalam CD/DVD yakni berisi beberapa file, jadi pada file ISO beberapa file tersebut telah dipaketkan dalam satu file saja yaitu file ISO. Oke saya harap sampai disini bisa dimengerti apa itu file ISO.

Sebagai contoh kita ingin melakukan duplikasi CD/DVD installasi Windows XP, yang awalnya hanya 1 CD, sekarang kita akan membuatnya menjadi 5 CD/DVD, nah yang perlu disiapkan adalah yang paling utama pasti PC/Laptop yang sudah mempunyai software burner, kemudian 5 CD, atau DVD boleh. Selanjutnya kita harus mempunyai software untuk membuat file ISO sebagai contoh UltraISO. Sekarang dari 1 CD yang berperan sebagai sumber, kita harus mengambil isi dari file dalam CD tersebut dan membuatnya menjadi file ISO dikomputer kita, kemudian file ISO itulah yang akan diburning pada CD/DVD kosong. Nah jadilah CD duplikasi yang dimaksud. Cukup simple bukan? Semoga dapat bermanfaat.

2 komentar:

  1. Ooh, terimaksih infonya... sangat bermanfaat...

    BalasHapus

Related Articel