Windows Server 2008 semakin PD


Kali ini kita akan berkenalan sedikit dengan Windows Server 2008, mungkin rekan-rekan sudah pada pernah pakai WS 2000 atau 2003, nah... kali ini boleh donk PDKT sama WS 2008.. Hehehe Yuk follow me...

WS 2008 merupakan lanjutan dari edisi WS sebelumnya. Berbeda dengan WS 2000 dan WS 2003, kali ini WS 2008 tampil lebih komplit dan menyediakan layanan yang handal baik dalam jaringan besar maupun kecil yang memudahkan admin mengelola jaringan dengan mudah. 

WS 2008 berbasis web dan teknologi virtualiasi yang memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan yang fleksibel. Dengan tools baru seperti Internet Information Services (ISS 7), WS Manager dan Windows Powershell memungkinkan admin dalam mengedalikan network lebih kuat terhadap komputer server serta pada server web nya. Dalam paket instalasi WS 2008, jelas telah tersedia paket-paket sesuai kebutuhan dan mendukung prosesor X86 maupun X32. 

Berikut edisi Windows Server 2008 yang dapat kita gunakan :
1. Windows Server 2008 Standrt Edition
Sesuai dengan namanya, edisi ini menyediakan layanan standart. Yah, cukuplah untuk industri rumahan ataupun lab sekolahan. Yang pasti mendukung hardware berbasis 32 bit dan 64 bit. 

2. Windows Server 2008 Enterprise Edition
Edisi ini menyediakan semua fitur yang ditawarkan oleh perusahaannya Gates untuk WS. Biasanya digunakan buat network berskala besar seperti perusahaan yang berbasis komputer server sebagai pusat data.

3. Windows Server 2008 Datacenter Edition
Untuk edisi ini, berbeda dengan yang lainnya yang hanya diperoleh dari kombinasi antara perangkat keras server dari beberapa vendor, semacam Hewlett-Packard atau Dell. Alasannya karena untuk menjaga agar sistem dapat berjalan dengan sempurna. WS Datacenter Edition ini biasannya digunakan untuk mengatur managemen database dalam kapasistas besar. WS Datacenter Edition cocok untuk perusahaan yang mengutamakan kestabilan pada sebuah sistem jaringan.

4. Windows Web Server 2008
Paket instalasi lain yang disediakan adalah WWS 2008 yang memiliki fitur baru yang membedakan pada WS 2000 dan WS 2003. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut adalh untuk memaksimalkan penggunaan beberapa aplikasi dunia web. Dengan infrastruktur yang menggunakan teknologi ASP.NET untuk menangani layanan web berbasis XML dan aplikasi web lainnya. 

5. Windows Server 2008 for Itanium-Based Systems
Merupakan sistem operasi yang berbasis server dan khusus untuk komputer yang menggunakan prosesor intel itanuim yang merupakan prosesor X86 atau 64 bit dengan kemampuan paling handal. Digunakan untuk pekerjaan yang 'besar' yang membutuhkan kinerja tinggi dan bersifat mission-critical.

6. Windows Server 2008 Without Hyper-V
Selain ke-5 edisi sebelumnya, Microsoft juga mengeluarkan beberapa edisi WS Without Hyper-V, adalah sebagai berikut :
a. WS 2008 Standart Without Hyper-V
b. WS 2008 Enterpraise Without Hyper-V
c. WS 2008 Datacenter Without Hyper-V

Yupz, kira-kira seperti itulah yang namanya Windows Server 2008. Tertarik untuk mencoba? Ok, untuk kedepan saya akan bahas lebih dalam lagi untuk lebih advance nya! Lumayan untuk menambah keahlian kita dibidang IT. So, tetap semangat dan berdoa! God Bless!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Articel