Mengenal Sistem Operasi

Postingan ini khusus bagi yang mau belajar komputer tapi kemampuannya masih pemula alias newbie. Jadi bagi yang sudah mendengar judulnya saja sudah bakalan tau apa yang akan diulas, mending baca postingan lain yang lebih tinggi levelnya. Oke langsung to d point aje dah!
Sistem Operasi ibaratkan rumah bagi berbagai aplikasi. Tanpa sistem operasi, percuma adanya perangkat keras komputer. Sistem operasi sama pentingnya seperti motherboard pada hardware. Agar lebih melek lagi mengenai sistem operasi, langsung saja kita ambil contoh : Windows XP. Nah, berikut gambarnya waktu lagi booting :

Lanjut, masih banyak lagi berbagai sistem operasi yang bisa kita coba. Namun saat ini di Indonesia khususnya di Palangkaraya Sistem operasi Windows adalah yang paling banyak digunakan. Operasi Sistem (OS) Windows pun masih banyak lagi versi2 lainnya. XP adalah salah satunya yang paling banyak digunakan dari pada Windows 7 maupun Vista. Selain Windows apalagi ya? Wah masih banyak koq. Ambil saja OS Linux yang open source, nah lho apa lagi tuch open source? hehe sabar2, yang ini akan diulas secara khusus nanti. Pada intinya open source bisa didapat secara mudah dan tidak sedikit yang gratisan.
Windows sebenarnya berbayar, tapi entah mengapa ya banyak yang pakai di Indonesia? Bukannya orang Indonesia suka yang gratisan? (hehe mungkin ini yang anda pikirkan, perkaranya lain lagi kalau yang ini)
Oke, sekarang lanjut ke OS selain windows. Linux!! Yeah, linux pun mempunyai banyak cabang lagi ambil contoh Fedora, Ubuntu, RedHat, dlsb. Kalau mau tau lebih banyak tentang distro linux, silahkan tanya sama paman Google saja dengan kata kunci 'macam-macam Sistem Operasi'.
Pada intinya apapun makanannya minumannya tetap air putih... hehe maksdunya apapun sistem operasinya, yang penting adalah sistem operasi tersebut harus mampu menunjang kegiatan komputerisasi.
Berikut pengertian sistem operasi yang saya ambil pengertiannya dari wikipedia.

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, yang digunakan oleh software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Saya rasa cukup untuk berkenalan dengan Sistem Operasi. Tunggu ulasan mengenai sistem operasi lebih mendalam lagi hanya di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Articel