Langkah Awal mengenal Perangkat Keras Komputer (Part I)

Seperti yang telah kita ketahui atau yang belum mengetahuinya, selain perangkat lunak (software) tentu ada pula yang namanya perangkat keras (hardware), dan ware-ware lainnya. Kali ini saya mencoba memperkenalkan lebih dalam dari perangkat keras komputer. Mengingat sangat pentingnya pengetahuan dasar ini, saya harap sudah seharusnyalah kita akrap dengan perangkat-perangkat ini. Mungkin ada yang berpikir karena tidak mempunyai komputer, maka tidaklah perlu mengenal perangkat-perangkat kerasnya yang penting saya bisa mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang dijalankan melalui mesin komputer, yaah terserah saja, sesuai dengan judul postingan kali ini yaitu 'langkah awal mengenal perangkat keras komputer' jadi apabila kurang penting ya nanti rugi sendiri :p. Lagi pula materi ini sebenarnya telah diterapkan di kelas VII semester kedua.


Langsung saja akan saya uraikan secara singkat dan  dengan bahasa yang mudah dimengerti:
1. Central Processing Unit
Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggrisnya : Central Processing Unit atau CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yg memahami dan melaksanakan perintah & data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan & menjadi aspek penting dlm penerapan CPU.

Perangkat yang satu ini merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sama halnya pada manusia, otak menentukan bagaimana kepintaran dan kecanggihan suatu komputer. Ada berbagai macam jenis prosesor baik itu untuk PC maupun untuk laptop. Sebagai contoh intel dual core, core 2 duo, intel core i7.

2. Memory
Sama halnya seperti kita, komputer pula mempunyai memory. Ada beberapa macam memori pada komputer, yakni tergolong dalam memory internal yang biasanya dikenal dengan nama Random Access Memory (RAM) dan memory eksternal biasanya dikenal dengan Read Only Memory (ROM). Perlu saya klasifikasikan bahwa disini kita bedakan antara memory dan media penyimpanan (storage device).
- RAM (Random Access Memory)
Nah, gambar di atas adalah penampakan dari RAM. RAM ini akan diletakkan pada papan utama (motherboard). RAM berfungsi untuk menyimpan/merekam kegiatan dan perintah sementara ketika menjalankan beberapa program. Perintah dan data mencakup data yang akan dibaca dari hardisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer dan data-data hasil pemrosesan sebuah program.

- Read Only Memory (ROM)
ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam komputer. ROM bersifat permanen, yang berarti program atau data-data yang disimpan di dalam ROM  tidak mudah berubah atau terhapus meskipun aliran listrik mati.
Perintah-perintah yang disimpan di dalam ROM adalah perintah-perintah tetap yang dibutuhkan oleh komputer.

.....bersambung ke Langkah Awal mengenal Perangkat Keras Komputer (Part II).....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Articel