HTML Versi 5 [pengenalan]

Dewasa ini HTML (Htper Text Markup Language) telah mengalami penambahan fitur-fitur baru yang tentunya akan memudahkan programmer  web menjadi lebih bergairah dalam merancang dan membuat konten yang menarik.
Dengan bekal tag-tag yang telah diciptakan sebelumnya, HTML telah membawa perubahan yang signifikan dalam dunia web, kini ahli-ahli web telah menciptakan atribut baru yang sebelumnya belum ada di HTML versi 4.

HTML 5 yang saat ini sudah mulai diimplementasikan oleh beberapa browser grade A akan membawa lebih dari sekedar fitur untuk layout dan format halaman. Beberapa di antaranya adalah Canvas dan Video.

Canvas
Pada versi sebelumnya untuk bisa memberikan interaksi menggambar di halaman web kita harus memakai applet Java atau Flash. HTML 5 akan memberikan satu opsi tambahan: canvas. Seperti namanya, canvas adalah media yang bisa dicorat-coret langsung. Tidak lagi perlu memuat plugin khusus. Cukup tambahkan dan javascript maka kita sudah bisa menggambar langsung di halaman web. Sekarang kita bisa berimaginasi sendiri, kira-kira apa saja yang orang lakukan dengan . Apa yang sebelumnya jadi monopoli Flash dan aplet Java akan di-take-over oleh .
 

Video dan Audio
Akan ada tag
Web Workers
Yang ini juga sempat kita nikmati lewat Google Gears. Jika javascript biasanya yang kita nikmati di web kadangkala menjadi sebab komputer kita menjadi lambat atau paling tidak membuat browser seperti sangat berat untuk mengakses halaman web, web worker adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan. Salah satu fitur web worker adalah threading. Kini javascript bisa dipakai untuk melakukan beberapa proses sekaligus tanpa harus menghambat proses terkait UI.

Semantics
Untukt designer yang sering melakukan abuse div dan span sebagia elemen nav, fret no more. Akan ada tag khusus untuk navigasi, section, footer, dll. Tag yang menggunakan semantic seperti ini pasti akan lebih bermanfaat dari pada tag yang hanya punya informasi format dan layout saja. Dan bagi mesin, HTML5 akan jadi lebih bisa dimengerti.

Tidak berhenti di situ saja, nantinya juga akan ada dukungan microformats yang lebih baik dari sekarang ini. Dukungan microformats ini akan memanfaatkan tag dan atribut baru yang diperkenalkan di HTML 5. Tentang microformats, bisa kita baca progress-nya di sini.

Browser Anda sudah siap untuk HTML 5? Test saja di sini.

Sumber : www.navinot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Articel