Tutorial Registry [dasar]

Apabila kita ingin mempelajari seluk beluk dari suatu komputer (sistem operasi windows), registry-lah jawabannya. Registry berisi semua informasi dari system Windows. Semua informasi yang ada merupakan bagian dari pengendali program aplikasi yang terinstal di sistem Windows. Saat registry mengalami suatu masalah/trouble, pasti akan berpengaruh pada sistem Windows. Jika sistem Windows bermasalah maka akan berpengaruh juga terhadap tampilan windows. Bagaimana cara melakukan perubahan-perubahan aturan pada file registry? Windows menggunakan sebuah file yang sering disebut dengan Registry. Sedangkan browser atau editor default Windows yang sering digunakan untuk membuka sistem Registry tersebut bernama REGEDIT (Registry Editor).

Cara memanggil Registry Editor :
Dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui menus START pada windows dan pilih ; cara lainnya dengan shortcut pada keyboard

Langsung saja setelah membuka RUN, ketikkan 'regedit' + ENTER.




Dilihat dari halaman Regedit, Anda akan menemukan banyak key dan subkey beserta dengan datanya. Dari beberapa key yang ada, setiap key tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.
1. HKEY_CLASSES_ROOT
Nama lain dari key ini adalah HKCR, key ini merupakan tempat dimana seluruh asosiasi file Windows disimpan, dan Windows akan mencari special folder type classes. Di dalam struktur, key ini identik dengan HKEY_LOCAL_MACHINE\ SOFTWARE\Classes.
2. HKEY_CURRENT_USER
Nama lain dari key ini adalah HKCU, key ini berisi informasi tentang user yang sedang log in pada saat itu. Terdiri atas subkey, antara lain: AppEvents, berisi setting untuk sound events. Control Panel, berisi setting control panel. InstallLocationMRU, berisi path/lokasi master Windows (waktu pertama kali menginstal Windows). Network, berisi informasi yang berhubungan dengan Network atau jaringan. Software, berisi tentang setting atau konfigurasi software untuk pemakai yang logon pada saat itu. RemoteAccess, berisi informasi tentang Dial up Networking.
3. HKEY_LOCAL_MACHINE
Nama lain dari key ini adalah HKLM, key ini berisi informasi tentang hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user. Terdiri atas subkey, antara lain: Enum, berisi informasi tentang hardware, misalnya tentang monitor. Hardware, berisi informasi tentang port serial. Network, berisi informasi yang berhubungan dengan network untuk pemakai yang sedang aktif atau logon. Software, berisi informasi dan setting software.
4. HKEY_USERS
Nama lain dari key ini adalah HKU, key ini berisi informasi tentang desktop dan user setting untuk tiap user yang berhak login ke komputer tersebut. Tiap user mempunyai sebuah subkey. Jika hanya terdapat satu user, maka nama subkey tersebut adalah ".default".
5. HKEY_CURRENT_CONFIG
Nama lain dari key ini adalah HKCC, key ini berisi informasi tentang konfigurasi hardware, berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Articel